Peningkatan layanan terus dilakukan oleh Perusahaan Listrik Negara atau PLN. Salah satunya dengan mengembangkan listrik pintar atau listrik prabayar. Tentu ini menjadi semacam terobosan baru, mengingat untuk waktu yang lama, kita hanya bisa menggunakan listrik pasca bayar saja. Lalu apa itu listrik prabayar? Apa bedanya dengan pasca bayar, serta apa saja keunggulannya?

Apa Itu Listrik Prabayar?

Layanan ini merupakan terbaru yang diberikan PLN untuk pelanggan. Yang mana, pada layanan ini pelanggan membayar terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan listrik. Nantinya pelanggan bisa membeli daya listrik sesuai dengan kemampuan mereka.  Pelanggan bisa membeli daya listrik mulai dari 20 ribu sampai 1 juta. Metode yang digunakan adalah sistem token.

Listrik Prabayar vs Pascabayar

Hal yang paling membedakan antara listrik prabayar dan pascabayar adalah waktu pembayaran. Pada listrik prabayar, maka pelanggan perlu membayar terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan listrik tersebut. Sementara pada sistem pasca bayar, maka Anda bisa menggunakan terlebih dahulu, lalu membayar kemudian. 

Kedua layanan ini masih bisa Anda gunakan saat ini. Anda hanya tinggal memilih layanan mana yang menurut Anda paling cocok dengan Anda.

Sebelum Anda memilih antara listrik prabayar dan pascabayar, maka mungkin Anda juga perlu memahami kelebihan dan kekurangan dari masing-masing layanan ini.

Kelebihan Listrik Prabayar

Layanan terbaru dari PLN ini memiliki beberapa keunggulan, seperti:

1. Penggunaan Listrik Menjadi Terkendali

Salah satu keunggulan dari listrik prabayar adalah membuat penggunaan listrik menjadi lebih terkendali. Nantinya dengan rutin membeli token, maka Anda juga akan paham berapa lama penggunaan listrik Anda secara normal. Penggunaan juga bisa lebih menyesuaikan dengan kemampuan Anda.

2. Tidak Ada Sanksi Denda

Ketika Anda menggunakan listrik prabayar, maka Anda juga tidak akan terkena sanksi berupa denda ataupun pemutusan ketika Anda melakukan keterlambatan. Nantinya, Anda hanya akan membayar listrik ketika akan Anda gunakan. 

Ketika Anda akan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama dan tidak akan menggunakan listrik, maka Anda tidak perlu membeli token dan membiarkannya. Selama daya listrik Anda masih tersisa, maka listrik Anda terus aktif dan tidak ada batas masa aktif.

3. Membeli Sesuai dengan Kemampuan

Hal lain yang juga menjadi keunggulan dari listrik prabayar adalah Anda bisa membeli listrik sesuai dengan kemampuan Anda. Ini juga akan berkaitan dengan penggunaan yang lebih terkendali. 

Dalam hal ini, maka ketika keuangan Anda sedang pas-pasan, Anda bisa membeli token listrik sesuai dengan kemampuan Anda. Anda juga bisa berusaha menghemat penggunaan listrik untuk membuat daya listrik bertahan lebih lama.

Kekurangan Listrik Prabayar

Selain masalah kelebihan, layanan terbaru dari PLN ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

1. Pada Jam Tertentu, Sistem Sering Gangguan

Hal ini biasanya terjadi jika token listrik Anda habis pada tengah malam. Biasanya, pada jam 23 sampai 1 pagi, sistem pembelian token sering mengalami gangguan. Hal ini membuat jika Anda kehabisan daya listrik pada jam tersebut, maka Anda tidak bisa segera melakukan isi ulang. Setidaknya, Anda perlu menunggu sampai sistem kembali online.

2. Token Habis Listrik Mati

Hal lain yang juga menjadi kekurangan dari sistem ini adalah ketika token habis, maka listrik akan mati. itu artinya, jika Anda akan meninggalkan rumah namun ada perabotan yang harus tetap mendapat suplai listrik, maka Anda perlu memastikan daya listrik mencukupi sampai ketika Anda pulang.

Dalam hal ini juga Anda perlu memastikan jika daya listrik yang Anda punya tidak akan habis pada tengah malam. Selain menghindari sistem yang offline, hal ini juga untuk menghindari ketidaknyamanan karena listrik mati. 

Kelebihan Listrik Pasca Bayar

Meskipun sudah ada layanan baru yaitu listrik prabayar, namun sistem lama yaitu listrik pasca bayar masih memiliki banyak pelanggan. Hal ini karena listrik pasca bayar juga memiliki beberapa keunggulan, seperti:

1. Praktis

Hal pertama yang menjadi keunggulan sistem ini adalah praktis. Anda tidak akan terganggu dengan kapan listrik akan habis, bunyi token saat listrik habis, dan lainnya. Anda hanya tinggal menggunakan listrik saja.

2. Jadwal Pembayaran Tetap

Tagihan bulanan akan muncul pada waktu yang sama. Hal ini menjadi keuntungan karena Anda akan mudah mengingat kapan harus bayar. Hal ini juga menjadi kelebihan karena Anda akan mudah mengontrol pengeluaran Anda.

3. Listrik Terus Menyala

Selama tidak ada gangguan, maka jika Anda menggunakan sistem ini maka listrik Anda akan terus menyala. Anda juga tidak perlu takut kehabisan token listrik.

Kekurangan Listrik Pasca Bayar

Meski demikian, sistem lama ini juga tidak lepas dari beberapa kekurangan, seperti:

1. Tagihan Membengkak

Jika Anda tidak hati-hati dalam penggunaanya, maka bisa saja Anda mendapatkan tagihan yang melebih budget Anda. Penggunaan listrik pasca bayar memang bebas dan tidak memiliki pengawasan, sehingga bisa saja membuat Anda lupa berapa pemakaian yang sudah Anda gunakan.

2. Sanksi Denda dan Pemutusan

Hal lain yang juga menjadi kelemahan dari sistem lama adalah Anda bisa mendapatkan sanksi denda dan juga pemutusan jika Anda terlambat bayar. Sanksi denda akan Anda dapatkan jika Anda telat bayar selama beberapa bulan awal. Namun jika Anda tidak membayar setelah beberapa lama maka Anda akan mendapatkan sanksi pemutusan.

Itulah beberapa hal tentang listrik prabayar yang perlu Anda ketahui. Sebagai salah satu layanan terbaru dari PLN banyak yang menganggap sistem ini jauh lebih hemat dan menguntungkan. Anda bisa langsung menghubungi kantor PLN terdekat jika Anda ingin menggunakan layanan ini. Selamat mencoba!

Back to News & Updates