Salah satu jenis dekorasi rumah yang paling banyak orang cari ialah tanaman-tanaman, baik di kebun maupun indoor. Dari ratusan jenis tanaman yang banyak dijual di pasar-pasar, ada tanaman yang berperan sebagai penghasil oksigen. Penasaran apa saja tanaman tersebut? Cek di bawah ini!

Rekomendasi Tanaman Penghasil Oksigen untuk Dekorasi Rumah

Tidak semua tanaman cocok untuk Anda jadikan penghias rumah, sebab tak semua mampu menghasilkan oksigen. Berikut ini ada sejumlah tanaman yang sekiranya baik untuk Anda jadikan dekorasi:

1. Bunga Krisan

Sumber: Unsplash

Bunga yang mempunyai nama Latin “Chrysanthemum” ini tergolong populer di kalangan pecinta tanaman hias jenis bunga. Sebagai salah satu tanaman penghasil oksigen, bunga krisan sanggup menghilangkan zat-zat seperti amonia dan benzene dari udara. 

Kendati bunga ini tidak secantik bunga-bunga lain semisal mawar atau anggrek, dia sangat berguna untuk memberikan aroma harum pada rumah. Belum lagi kelopak bunga krisan ini bisa diolah menjadi obat untuk menangkal penyakit diabetes. Daun-daun pada batangnya juga lebih banyak daripada bunga-bunga jenis lain.

2. Lidah Mertua

Sumber: Unsplash

Tanaman lidah mertua ini kadang-kadang masyarakat kenali dengan nama daun ular. Lidah mertua ini berasal dari benua Afrika dan Brasil yang identik dengan daun-daun berwarna kehijauan berbentuk lonjong dan kaku. 

Meskipun tanaman penghasil oksigen ini tidak memiliki batang, dia dapat tumbuh dengan cepat di tempat yang sedikit lembab dan minim cahaya. Daun-daunnya bisa tumbuh sampai sepanjang 90 cm serta sanggup menghilangkan zat radikal bebas sejenis nitrogen oksida dan formaldehida.

3. Pohon Palem Bambu

Sumber: Haibunda.com

Siapa bilang bahwa pohon itu tidak bisa disimpan di dalam rumah? Ada sebuah pohon yang cocok untuk Anda jadikan sebagai dekorasi rumah, yaitu palem bambu. 

Ya, tanaman berdaun panjang dari wilayah tropis ini dapat menciptakan kesan seperti di hutan hujan dalam rumah Anda. Pohon palem bambu ini mampu menyerap zat-zat berbahaya semisal karbon monoksida, benzene, dan xylene yang dapat merusak paru-paru kita.

4. Peace Lily

Sumber: Unsplash

Apabila Anda kurang menyukai bunga krisan sebagai tanaman penghasil oksigen dalam rumah Anda, ada tanaman alternatifnya, yakni peace lily. Peace lily ialah tanaman berbunga yang berasal dari benua Asia. 

Tanaman ini memiliki satu kelopak bunga berukuran besar yang warnanya putih serta daun-daun hijau yang juga berukuran besar. Peace lily diketahui mampu meningkatkan kadar oksigen dalam ruangan dan menurunkan tingkat karbon dioksida.

5. Kuping Gajah

Sumber: Unsplash

Apakah Anda suka tanaman-tanaman yang mempunyai daun besar dan lebar? Kuping gajah masuk ke dalam kelompok tanaman penghasil oksigen yang bagus untuk Anda. Daun-daun pada tanaman kuping gajah panjangnya bisa mencapai 40 cm dan lebarnya 30 cm, serta mempunyai ruas-ruas putih. 

Tanaman kuping gajah sanggup menetralkan partikel radikal bebas yang ada dalam rumah Anda melalui daun-daunnya yang lebar. Hanya saja, tanaman ini membutuhkan lingkungan yang redup dan sejuk agar tak cepat layu.

6. Pohon Palem Kuning

Sumber: Orami

Selain palem bambu, ada pula jenis pohon kecil yang dapat Anda tanam di rumah sebagai penghasil oksigen, yaitu palem kuning. Palem kuning dikenal juga dengan nama palem areca yang berasal dari Pulau Madagaskar. 

Baca Juga : 7 Contoh Tanaman Apotek Hidup Beserta Khasiatnya

Anda akan banyak menemukan pohon ini sebagai dekorasi di kantor-kantor maupun di pusat perbelanjaan, kendati dia juga cocok sebagai hiasan rumah. Daun-daunnya yang panjang dan tipis, mampu menyerap karbon dioksida dan polutan udara lainnya dalam jumlah banyak.

7. Lili Paris

Sumber: Unsplash

Bagi Anda yang suka tanaman yang rimbun dan lebat, cobalah untuk memelihara lili Paris. Betul, tanaman penghasil oksigen ini juga disebut spider plant. Karena memiliki daun-daunan yang panjang mirip kaki laba-laba. 

Daun-daun panjang yang berwarna hijau muda tersebut mampu membersihkan udara dari bau-bau tak sedap selama 24 jam. Lili Paris ini cenderung menyukai tempat yang kering dan cerah, sehingga Anda jangan terlalu sering menyiraminya.

Tertarik untuk Memiliki Tanaman Penghasil Oksigen di Rumah?

Dan itulah penjelasan mengenai jenis-jenis tanaman penghasil oksigen yang dirangkum dari berbagai sumber. Mengingat dekorasi seperti ini dapat memberikan banyak keuntungan bagi Anda, apakah Anda tertarik untuk memiliki tanaman-tanaman hias tersebut?

Back to News & Updates