Apakah Anda sedang mencari hewan peliharaan lucu untuk meramaikan rumah Anda? Bagi kebanyakan orang, memelihara hewan merupakan keseruan tersendiri. Memeliharanya akan membuat rumah terasa lebih hidup serta nyaman. Akan tetapi, usahakan Anda bisa memilih hewan yang tidak memerlukan perawatan rumit.

Rekomendasi Hewan Peliharaan Lucu dan Jinak

Berikut ini beberapa hewan peliharaan lucu yang bisa menjadi pilihan. Hewan-hewan yang kami rekomendasikan di bawah ini juga merupakan hewan jinak. Terlebih memeliharanya juga tidak membutuhkan banyak penanganan. Berikut ulasannya:

1. Kucing

hewan peliharaan lucu

Sumber: Cloudfront 

Salah satu hewan yang paling banyak dipelihara ini memang selalu menjadi favorit. Kucing merupakan hewan peliharaan yang banyak Anda temukan di rumah mayoritas orang. Apalagi kita tahu bahwa ada banyak jenis kucing yang cantik dengan bulu-bulunya yang sangat halus.

Kucing bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak mempunyai banyak waktu karena sibuk kerja. Anda juga tidak perlu melakukan berbagai perawatan yang menguras waktu dan tenaga. Hewan yang satu ini mempunyai sifat tenang. Bahkan masuk ke dalam hewan soliter alias senang menyendiri. 

2. Anjing

hewan peliharaan lucu

Sumber: Cloudfront 

Baik kucing dan anjing keduanya termasuk hewan peliharaan lucu yang sangat populer. Anjing terkenal sebagai hewan penyayang dan sangat setia kepada majikannya. Mungkin Anda sudah sering mendengar kisah seekor anjing yang senantiasa menantikan kedatangan majikannya pulang kerja.

Bahkan anjing juga bisa menjadi pelindung rumah Anda. Namun, ketika Anda memutuskan untuk memelihara hewan tersebut, maka pastikan Anda merawatnya dengan benar. Jangan lupa untuk sesekali mengajaknya bermain agar anjing tidak stres atau sakit. Karena anjing merupakan hewan yang memerlukan perhatian lebih.

3. Kelinci

Sumber: Media Indonesia 

Hewan peliharaan lucu dan menggemaskan ini juga terkenal karena kelincahannya. Banyak orang yang tertarik untuk memelihara kelinci karena memang melihatnya saja sudah membuat orang-orang gemas dan ingin memegangnya. 

Jika ingin memelihara kelinci, Anda memerlukan kandang agar hewan tersebut tetap merasa tenang, aman, serta tidak kabur. Namun, Anda juga sesekali perlu mengeluarkannya untuk membuat hewan tersebut tidak sampai stres.

Memelihara kelinci bahwa bisa menjadi hobi yang menyenangkan sekaligus untuk mengisi waktu luang. Apalagi hewan tersebut juga terkenal jinak dan agak pemalu. Memeliharanya pasti sangat menyenangkan.

4. Landak Mini

hewan peliharaan lucu

Sumber: Kompas.com 

Ketika mendengar namanya, mungkin Anda langsung berpikir dua kali untuk memelihara hewan tersebut. Landak terkenal akan durinya yang tajam sehingga memeliharanya merupakan salah satu keputusan yang berbahaya. Padahal jika Anda sudah memeliharanya, Anda akan tahu bahwa hewan ini ternyata jinak.

Ternyata sudah banyak orang yang memelihara landak mini. Mamalia ini masih merupakan keluarga Erinaceinae yang mempunyai duri tidak beracun. Inilah yang menjadi pembeda dengan landak hutan.

Jika tertarik memelihara landak mini, Anda perlu menyediakan kandang dengan diameter kurang lebih 40 cm. Siapkan juga kotak kecil sebagai tempat bersembunyi maupun beristirahat. Merawat hewan tersebut juga tidak memerlukan banyak penanganan.

5. Sugar Glider

Sumber: Kibrispdr 

Mungkin untuk hewan yang kelima ini masih belum terlalu familiar. Padahal sudah banyak yang memelihara sugar glider karena bentuknya yang menggemaskan. Jika ingin memilikinya, Anda perlu menyiapkan kandang berukuran kecil sebagai tempat tinggalnya.

Setelah itu, jangan lupa memberinya makan secara rutin. Sugar glider merupakan hewan yang suka mengonsumsi makanan manis. Berikan juga perhatian khusus agar hewan tersebut tetap nyaman. 

6. Hamster

hewan peliharaan lucu

Sumber: Tokopedia 

Hamster merupakan hewan peliharaan lucu dan tidak memerlukan tempat yang luas. Ukurannya yang kecil membuat Anda bisa leluasa menempatkannya pada kandang kecil maupun tempat yang berbeda. Selain itu, memegangnya juga memberikan sensasi tersendiri, karena ukuran tubuhnya tersebut.

Beberapa orang memutuskan membeli beberapa hamster untuk diletakkan di satu kandang. Padahal Anda harus tahu bahwa tidak semua hamster mudah akrab ketika Anda menempatkannya di satu kandang.

7. Kura-kura

Sumber: Cloudfront 

Jika Anda pecinta hewan jenis reptil, kura-kura bisa menjadi hewan yang tepat untuk Anda pelihara. Hewan ini dapat hidup baik di air tawar dan air laut. Biasanya orang-orang akan menyimpannya di akuarium atau bahkan kolam berukuran sedang bersamaan dengan ikan-ikan yang lain.

8. Ular

Sumber: Pikiran Rakyat 

Memang terdengar bahaya dan menyeramkan, sehingga Anda tidak boleh sembarangan menjadikan ular sebagai hewan peliharaan. Akan tetapi, harus kita akui bahwa pesona ular masih terasa kuat dan banyak juga yang tertarik untuk memelihara hewan tersebut.

Baca Juga : 8 Inspirasi Rumah Gaya Jepang Modern yang Cocok Bagi Milenial

Namun Anda juga harus tahu bahwa tidak semua ular dapat Anda pelihara. Pahami mana jenis ulang yang tergolong tidak berbisa dan memang populer sebagai hewan peliharaan. Bukan hanya itu, Anda juga perlu membuat hewan tersebut jinak dan nyaman, baru Anda bisa memeliharanya dengan tenang.

Hewan Peliharaan Lucu Mana yang Anda Pilih?

Itulah beberapa pilihan hewan peliharaan lucu untuk membuat rumah terasa lebih ramai. Silakan menentukan mana hewan yang akan Anda pilih. Anda bisa memilih satu atau beberapa hewan tersebut dengan tetap memberikan perhatian dan perawatan yang sama.

Back to News & Updates
×