Desain ruang TV keluarga kecil yang apik memang cukup menantang. Terlebih jika ingin desain ruang TV dibuat model minimalis modern seperti yang sedang populer beberapa tahun belakangan ini.

Inspirasi Desain Ruang TV Keluarga Kecil

Ruang TV keluarga harus menjadi tempat yang nyaman agar seluruh anggota keluarga betah berkumpul di ruangan ini. Hubungan keluarga pun menjadi lebih harmonis. Simak berikut tips untuk desain ruang TV yang kamu butuhkan!

1. Pilih Cat Berwarna Cerah

Desain ruang TV keluarga kecil tidak boleh menyepelekan pilihan warna cat tembok. Pasalnya, warna cat rumah juga dapat mempengaruhi kondisi psikologis penghuninya. Jika kamu ingin merasa rileks dan nyaman saat berada di rumah, lebih baik gunakan warna cat yang cerah. 

Warna cerah juga dapat membuat suasana hangat dan penghuninya bersemangat menjalani hari. Putih, kuning, biru muda, dan sebagainya adalah pilihan yang bagus. Kamu juga bisa mengkombinasikan beberapa warna seperti misalnya abu dan putih.

2. Gunakan Buffet untuk Desain Ruang TV Minimalis Modern

Kamu juga harus memperhatikan buffet yang cocok untuk desain ruang TV keluarga kecil. Pastikan kamu memilih buffet yang ramping agar tidak terlihat terlalu memenuhi ruangan. 

Kamu bisa memilih buffet yang agak tinggi namun tidak terlalu lebar. Sesuaikan juga dengan ukuran sofa. Lebih baik, kedua benda tersebut memiliki ukurannya tidak jauh berbeda.

Hindari menggunakan buffet TV dengan pintu kaca agar terlihat lebih rapi. Menggunakan buffet kayu juga akan lebih menonjolkan kesan modern dan minimalis.

3. Pilih Lampu yang Tepat

Sediakan lebih dari satu lampu untuk ruang TV di rumah mu. Setidaknya ada satu lampu utama yang terang dan satu lampu yang cenderung redup.

Lampu yang terang dapat kamu gunakan sehari-hari ketika bersantai bersama keluarga. Sedangkan lampu yang redup dapat kamu gunakan saat menonton film tertentu.

4. Tambahkan Tanaman Hijau

Jika kamu suka tanaman, ada baiknya menambahkan tanaman hijau pada desain ruang TV keluarga kecil mu. Tidak hanya untuk hiasan tapi juga untuk kesejukan ruangan.

Beberapa rekomendasi tanamannya adalah ficus benjamina, aglaonema, lidah mertua mini, dan rubber plant. Tanaman ini merupakan indoor plants yang mampu meningkatkan kelembaban ruangan.

5. Tambahkan Red Diffuser

Penciuman juga menjadi faktor pertimbangan psikologis ketika menata rumah. Bau yang tidak enak tentu akan mengganggu kenyamanan penghuni. Oleh karenanya sisakan tempat untuk menaruh reed diffuser.

Saat ini sudah tersedia bermacam-macam aroma reed diffuser cocok dengan desain ruang TV minimalis modern. Kamu bisa memakai aroma vanila, teh hijau, hingga blueberry.

Baca Juga : Ide Kamar Aesthetic 2022 yang Membuat Betah di Kamar

6. Cukup Letakkan Sedikit Perabotan

Ruang TV pada umumnya tidak membutuhkan banyak perabotan, termasuk meja. Namun jika kamu membutuhkannya, lebih baik menggunakan meja kecil atau meja lipat agar tidak terlalu memenuhi ruangan.

Untuk sofa kamu juga bisa memilih jenis sofa yang bisa diubah menjadi tempat tidur. Sehingga kamu dan keluarga bisa melakukan berbagai macam aktivitas bersama di ruangan ini.

Yuk, Buat Desain Ruang TV Keluarga Kecil yang Nyaman!

Demikian 6 tips untuk kamu yang sedang pusing memikirkan desain ruang TV. Memang bukan perkara mudah untuk mendesain ruangan ini pasalnya ruangan ini tidak sepenuhnya ruang publik seperti ruang tamu maupun privat seperti kamar.

Banyak faktor yang harus kamu mempertimbangkan untuk mendesain ruang yang nyaman. Namun untuk ruangan kecil, selalu pastikan perabot yang kamu letakkan adalah perabot fungsional bukan hanya untuk hiasan. Selamat mencoba!

Back to News & Updates
×